SELAMAT DATANG !

welcome - Добро пожаловать - bien venue - welkom - Сардэчна запрашаем - i mirëpritur - مرحبا بكم - ongi etorri - Բարի գալուստ - xoş - Добре дошли - vítejte - velkommen - स्वागत - benvenuti - 환영 - benvinguda - willkommen - maligayang pagdating - καλωσόρισμα - SUGENG RAWUH

detikdetik menuju puncak transisi


blakangan bnyak omongan smpang siur .
entah lwat facebook (maap . aku nggak pnya je ..) .
entah lwat blog (ini bru bisa kubaca) .
entah lwat g-o-s-i-p .
entah lwat .. hmm .. lwat mana lagi y ?


yg lgi HOT dibahas adalah :
SEBERAPA BANGGAKAH KMU TRHADAP SKOLAHMU ?
*especially buat yg mrasa bnget kurang 'GRES' d skolah .


aku ada sbuah cerita . cerita yg bener-bener nggak trlupakan .
cerita yg bner-bner jdi pmbuktian klo msuk SMAN 1 TELADAN YOGYAKARTA tu susah .

...flashback...

Matematika : 10.00 (yeah)
Bhs.Indonesia : 8.60
Bhs.Inggris : 8.80
IPA : 7.75 (o ow ..)

JUMLAH NEM : 35.15

bayangin .. nilai sgitu gmana bisa msuk SMAN 1 ?
aku udah speechles bnget ngliat ranking satunya SMAN 1 sementara ada si jago olimp yg nile tambahannya lebih dri satu koma gitu ..

huhuuu .. aku udah klejet-klejet nggak karuan wktu mau masukin formulir pendftaranku .
satu tekadku waktu itu : HARUS MASUK SMAN 1, NGGAK BOLEH NGGAK !


dngan brbekal C1 yg udah pindah ke kota (nggak mungkin bnget aku bisa msuk kalo ttp di Sleman gara-gara kuota) sama nile tambahan (yang cuma o.5) aku ttp brsikeras msuk SMAN 1.

jdi total nilaiku : 35.65
bayangin deh jenggg ..
nile sgitu aku udah cemas setengah (tiga perempat ding) mati .
ttpi tman saya trcinta si Dinda Andiniga Mayangsari yang jumlah nilainya jga 35.65 sudah dgn tnang nangkring di peringkat 274 sementara SMAN 1 Yogyakarta .
batinku : paling nggak klo nanti aku msuk, rankingku nggak jauh beda dari Dinda .
terrrrrrnyata ! (baca dngan logat Seventeen : seberrrrapa besarrrr ..)

namaku kecantol di daftar pringkat sementara SMAN 1 dengan total nilai 35.15 .
APA-APAAN INI ?!
dimana nilai tambahan sayaaaaaa wahai operator PSB onlen ???


di hari prtma itu pula, dngan grasa-grusu kuminta pnjelasan dri guru SMAN 1 .
ayahku : Pak, gimana ini pak ? Kok nilai anak saya salah bgini ?
p.guru : waduh pak .. sbentar . kayaknya ada yg eror .
aku : (dag-dig-dug)
p.guru : ditunggu saja dulu pak . nanti akan diurus .

*hari pertama pendaftaran siswa baru : NILAIKU NGGAK JELAS .

lanjut ke hari berikutnya ...

aku dan ayahanda trcinta kembali mengunjungi (waktu itu) calon sekolahku, SMAN 1 mencari kejelasan dan titik trang bagiku .
ayahku : pak, ini kmarin anak saya sdah dftar tpi nilainya salah pak .
p.guru : duh .. mgkin bisa ditnyakan dulu k dinasnya pak .
ayahku : o ya sudah . trimakasih pak .

eng ing eng . menuju ke dinas P dan P kota yg trnyata pueeeenuhh bnget sama para pncari skolah . bedanya nasib mereka nggak kyak nasibku huhhu .
di situlah ayahku mngajukan keluhan dan sgera diurus .
ayah : bgmana pak ? sudah fix ?
org dinas : mgkn sdah bisa di cek ke skolahnya dulu pak ..

tulit tulit tulit .. aku dan ayahku pun meluncur ke SMAN 1 .
masih nggak ada hasil .

hari kedua pndaftaran siswa baru : JALANKU SEMAKIN BERLIKU

lanjut ke hari berikutnya ...

di hari trakhir penentu nasibku itu .. aku dan ayahku kembali dilempar-lempar .
dari SMAN 1 disuruh ke dinas .
dari dinas suruh ngecek ke skolah .
dilempar gitu kayak bola pingpooooong -______-

finally di dinas sang ayah brtemu dengan teman akrabnya yg ternyata saudara-saudara :
KETUA PANITIA PSB ONLINE waktu itu . wadenuts .
langsung saja nilai saya diurus dan taraaam .. nilai tmbahanku udah masuk . yeah .

tpi apa yang trjadi sodara-sodara ?
posisi peringkat saya bukannya mndekati saudari Dinda, tapi saya malah makin ngglangsar di ranking trakhir SMAN 1 . ranking 3o8 dari 3o8 pendaftar .

wowowooww ..
byngkan wktu itu aku udah nangis-nangis darah di pelukan ayahku .
huhuhu ..

i wonder .. mau kelempar kemana aku .
pilihan pertama : SMAN 1 YOGYAKARTA .
pilihan kedua : SMAN 3 YOGYAKARTA .
pilihan ketiga : SMAN 8 YOGYAKARTA .
pilihan keempat : SMAN 2 YOGYAKARTA .
pilihan kelima : SMAN 5 YOGYAKARTA .


dan trnyata smua sodara sperjuangan .
waktu protes lagi, sama dinas aku disuruh nunggu sampe jam tujuh malem .
bayangin ! jam tujuh malem pdhal jam dua siang pndftaran udah ditutup .
HWAAAAH !


dengan psrah tbah kupantau trus pringkatku .
aku udah kegeser ke SMAN 8 Yogyakarta .

beberapa jam kemudian ..
aku udah nangkring di SMAN 2 Yogyakarta .

jah . aku udah meraung-raung nggak jelas gitu di kamar .
ibuku uda mafhum trus tlpon sodaranya yg guru di SMAN 2 Yogyakarta .
she said : Mbak, aku titip anakku . ho'o mbak . ketrima di SMAN 2 .. bla .. bla ..
OH NO !


msih brdarah-darah kunantikan jam tujuh dmna smua program ke reset sprti semula .
dan simsalabim .. tepat pukul jam 19.54 kubuka pringkatku lewat HP :

ranking 274 SMAN 1 YOGYAKARTA .
tepat diatasnya Dinda .

wowww .. waktu itu jga aku sujud syukur sampe kejedut meja besi di depanku .

*finally i found my life ..
----------------------------------------------
udah ngrti kan ?
buat orang-orang yg masih ngrasa sekolah mereka NGGAK BANGET .
mbok yha disyukuri dulu . msih mending bisa sekolah .
bnyak yg kpengen masuk SMAN 1 tapi malah kesasar di skolah lain .
klo blum bisa mnsyukuri ya .. jalani aja dulu ksharian di skolah .
cari dlu aja sisi positif yg bisa klian dpt dri skolah kalian .
ada seorang teman dekatku crita ke aku .
xxx : gimana ya Luh .. aku blum bisa nmuin sisi positif di SMAN 1 ..
aku : (ngangguk-ngangguk nggak tau msti komentar apa)
xxx : cuma tmen-tmen deket aja yg bikin aku bisa enjoy .
aku : aku dong ? (mncoba brcanda)
xxx : iya lah (ngangguk-angguk) . kita udah brg sjak SD gitu lho .

saat itu lah aku brsyukur . trnyata aku memberikan spercik spirit buat tmenku itu mnjalani ksharian di skolah .
wawaww ..

BERJUANG TEMAN-TEMAN !
smua jalan ada hikmahnya . mski sringkali kita nggak mnyadarinya . dan walaupun mnyadari kita jarang mnsyukurinya .

3 komentar:

  1. salam'alayki... shuluh!!

    subhanallah, ternyata masih ada yang bersyukur:), bisa sekolah di Teladan.

    ehm,,, hebat, sebuah lika liku jalan yang melelahkan, menjengkelkan, namun ia sangat mengenang...

    Mungkin aku juga punya kisah seperti itu. Yang kalo boleh menyamakan, memang agak mirip. Ya walaupun jalanku itu terasa berat karena aku sendiri yang terlalu memperberatnya. Jalan panjangku menuju Gerbang Teladan.

    Tapi sayang, kisahku tentang itu hilang, kehapus virus terkutuk ('afwan kebawa emosi). Ya,InsyaAllah aku pengen nulisnya lagi. hehe.

    Oiya, lok sempet kunjungi juga ya blogku. Yang blogspot dikit coz dah lama tak tinggal n tak hapus. Tapi lok yang multipy (http://mahendknight.multiply.com/) udah mulai tak urus, ya walaupun masih dikit. coz ru mbuwat:)...

    at last, SEMANGKA!!!

    BalasHapus
  2. asslamu'alaykum wr wb...

    hmm,,setuju sama dek suluh(??trimo ora yo tak panggil dek)

    bersyukur bisa sekolah di sma tercinta ini,,
    ya gimana g bersyukur?di sini alhamdulillah bisa kecipratan sedikit cahayaNya, dikasih kesempatan buat belajar banyak hal, mengalami proses (sedikit)pendewasaan yang penuh hikmah meski menyakitkan pada awalnya,,banyak deh......

    dek(lagilagi),,
    buka blogku yaaa,,njuk dikomen
    di zaqiia.multiply.com
    atau di khansaazkiya.wordpress.com

    isinya sama,,cuma yang wordpress lagi dlam proses

    semangatt berbagii!!!

    BalasHapus
  3. wah wah wah .
    mesti pada baca kisahmu ini luh. .
    iya tuh ,tmenku ada juga yg pengen bgd bs masuk tladan . dulu kita janji sama2 mau masuk sini, tpi dy kelempar ke pilian lain .
    muga kita ndak menyesal ya luh ,cz aku ngrasa kayak ndak sekolah di sini .kenapa ya?

    BalasHapus